Baju Tradisional Nusantara dan Tiongkok

Baju Tradisional Nusantara

Foto Ulee Balang. (http://cepetcari.blogspot.co.id/2017/01/pakaian-adat-ulee-balang.html)

Pakaian Adat Aceh Pakaian adat Aceh bernama pakaian Ulee Balang. Pakaian ini untuk pria disebut baju Linto Baro, sedangkan pakaian untuk wanita disebut baju Daro Baro. Dahulunya, pakaian ini hanya digunakan oleh para sultan dan pembesar kerajaan, namun sekarang keduanya lebih sering dipakai oleh para pengantin. Kedua pakaian tersebut punya keunikan tersendiri sebagai ciri khas di setiap bagian-bagiannya. Anda dapat melihat keunikan bagian-bagian tersebut pada gambar di bawah ini. 

Linto Baro dahulunya merupakan pakaian adat yang dikenakan oleh pria dewasa saat menghadiri upacara adat atau upacara kepemerintahan. Pakaian ini diperkirakan mulai ada sejak zaman kerajaan Perlak dan Samudra Pasai. 

Baju Linto Baro sendiri terdiri atas baju atasan yang disebut baju Meukasah, celana panjang yang disebut siluweu, kain sarung bernama ijo krong, sebilah siwah atau rencong yang menjadi senjata tradisional khas Aceh, serta tutup kepala bernama Meukeutop.
                              Sumber dari: http://adat-tradisional.blogspot.com/2016/05/pakaian-adat-aceh-nama-gambar dan.html


Baju Tradisional Tiongkok 

Baju Hanfu. (Bake.Baidu.com)

Hanfu juga disebut sebagai Hanzhuang ataupun Huafu, adalah busana tradisional bangsa Han Tionghoa yang berasal dari Tiongkok. Istilah Hanfu berasal dari Buku Han. Busana hanfu telah dikenakan selama berabad-abad sepanjang era kekaisaran masa Dinasti Tiongkok dan memiliki sejarah yang panjang dan memiliki model dan variasi yang kaya. Pada zaman modern kini hanfu dikenakan sebagai busana adat tradisional Tionghoa oleh para peminat busana hanfu ataupun penggiat Sejarah Tiongkok, serta pada perayaan-perayaan istimewa Tionghoa, seperti perayaan Tahun Baru Imlek ataupun pernikahan adat. Meskipun kini busana model Cheongsam lebih populer sebagai busana adat orang Tionghoa.Banyak kostum tradisional dari negara-negara Asia, seperti Scorpio di Jepun, bersama dengan manusia tradisional Korea Hanbok dan Vietnam Ao Dai, berasal dari Hanfu dan memiliki gaya yang sama seperti Hanfu. Berbeza dengan Cina, Jepun dan Korea pakaian tradisional telah diawetkan selama berabad-abad, dan dekat dengan ciri khas pakaian pra-Manchu iaitu pakaian Hanfu.

Hanfu telah membentuk gaya kostum tradisional dari banyak negara- negara Asia. Beberapa negara seperti Vietnam, yang baik atau pengikut negara atau di bawah penjajahan China sebelum 1884, pakaian tradisionalnya sama dengan Hanfu. Negara-negara Asia lainnya ‘kostum tradisionalnya, seperti Kimono Jepun dan Hanbok Korea, memiliki beberapa perbezaan daripada Hanfu.

Dibandingkan dengan Jepun Kimono, pakaian tradisional Korea jauh lebih mirip dengan Hanfu. semua kostum tradisional dari negara- negara Asia dipengaruhi oleh Hanfu, Kimono Jepun yang paling berbeza dari yang asli. Namun, semua masyarakat tradisional yang disebutkan di atas mewarisi keunikan Gaya Hanfu Youren dan lengan lebar.

评论

此博客中的热门博文

Permainan Anak Khas Indonesia dan Tiongkok

Legenda Tanah Lot di Bali dan Fishing Girl di Zhuhai