One Day Tour Kawasan Prambanan

Laporan Wisata Candi

One Day Tour Kawasan Prambanan


One Day Tour Kawasan Prambanan adalah liburan singkat 1 hari dengan mengunjungi candi-candi di Yogyakarta dan satu-satunya rumah Dome di Asia Tenggara, menikmati tempat-tempat suci dan spesial di jogja, misalnya Candi Barong, Tebing Breksi, Candi Ijo dan Rumah Dome. 
  • Candi Barong
Alamat: Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Barong merupakan salah satu candi Hindu yang berada di atas bukti Agung yakni sekitar 199,27 meter di atas permukaan laut. Secara administrasi candi ini terletak di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, sedangkan secara astronomis berada pada koordinat 7° 46' 32.11" S, 110° 29' 49.17" E.

Keberadaan Candi Barong diketahui berdasarkan catatan Belanda, yang disusun dalam ROD tahun 1915. Dalam catatan Belanda tersebut Candi Barong disebut dengan nama “Candi Sari Sorogedug”. Oleh masyarakat setempat Candi Sari Sorogedug lebih lazim disebut Candi Barong, karena terkait dengan adanya dekorasi kala yang dalam bahasa jawa diidentikan dengan barong. Situs Candi Barong dibangun sekitar abad 9-10 Masehi yang kemudian ditemukan kembali pada awal abad 20 Masehi dalam kondisi.

Candi Barong didirikan sebagai tempat pemujaan kepada Dewa Wisnu dan Dewi Sri. Dewa Wisnu merupakan salah satu Dewa Trimurti dalam agama Hindu yang berkedudukan sebagai dewa pemelihara. Sementara itu Dewi Sri merupakan salah satu cakti dewa Wisnu, dianggap sebagai Dewi Padi dalam kehidupan masyarakat Jawa. Pemujaan terhadap Dewa Wisnu dan Dewi Sri terkait dengan kehidupan masyarakat pada waktu itu yang sebagian besar menggantungkan hidupnya pada hasil pertanian. Oleh karena kondisi lingkungan sekitar yang tandus, maka pemujaan terhadap Dewa Wisnu dan Dewi Sri dimaksudkan untuk mandatangkan berkah kesuburan sehingga dapat memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.
Candi Barong terbagi menjadi 3 halaman yakni halaman 1 yang terdapat dua buah candi. Kemudian halaman 2 dan 3 yang tidak dijumpai bangunan. 

Foto Candi Barong. (Embun)
       Hanya di sisi timur terdapat pagar terluar yang pada waktu ditemukan dalam posisi terkubur tanah. Bangunan utama Candi Barong adalah dua buah candi di teras 1. Dua buah candi tersebut berukuran 8,18 meter × 8,18 meter, dengan tinggi 9,05 meter. Pada saat ini, Candi Barong menjadi satu tempat wisata.


  • Tebing Breksi
            Alamat: Sambirejo, Prambanan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Foto Tebing Breksi. (Embun)

Foto Tebing Breksi. (Embun)
Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Kurang lebih 1 kilometer sebelum Candi Ijo (dari jalan Prambanan - Piyungan), Tebing Breksi sendiri masuk dalam cakupan kawasan wisata herritage Candi Ijo.

Foto Tebing Breksi. (Embun)
Hadirnya Taman Tebing Breksi ini tentu saja menjadi alternatif wisata lain yang makin menambah minat wisatawan untuk berkunjung ke Jogja. Pasalnya, Tebing Breksi menawarkan keindahan alam yang cukup indah. Suguhan utama yang disajikan oleh Taman Tebing Breksi adalah deretan tebing batu breksi yang menjulang gagah. Tebing ini sejatinya sudah terbentuk jutaan tahun lalu, namun karena aktivitas penambangan berubah menjadi memiliki ornamen-ornamen pahatan.

Selain itu, bekas penambangan juga membuka penampang dinding tebing sehingga terlihat struktur batuan yang mneyusunnya seperti kue lapis. Hal itu menjadi keindahan tersediri yang membuat para pengunjung berfoto dengan background tebing breksi yang sangat artistik. Tak sedikit yang menjadikan ini sebagai spot hunting foto, bahkan untuk momen-momen spesial seperti pre wedding. Dari puncak tebingnya, kita dapat melihat lanskap Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Barong dan kemegahan Gunung Merapi bahkan kota Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin mencapai puncak tebing tidak perlu khawatir repot, dikarenakan suda dibentuk anak tangga di sisi tebing menuju ke atas. Anak tangga di sisi tebing ini juga cantic untuk obyek berfoto.

Tebing yang tampak bagai mahakarya seni raksasa ini diresmikan oleh Gubernur D.I Yogyakarta pada 30 Mei 2015. Bersamaan dengan Tebing Breksi, diresmikan punya Tlatar Seneng, sebentuk area luas yang dilengkapi tempat duduk melingkar dilengkapi panggung bulat berdiameter kira-kira 15 meter.  Tlatar Seneng berada satu kawasan dengan Tebing Breksi dan difungsikan untuk tempat pertunjukan kesenian disana. Sekilas panggung ini mengingatkan kita pada Colosseum di Roma Italia.

Jika dilihat-lihat maka tempat ini mirip dengan Brown Canyon di Semarang atau bentuk mini dari Grand Canyon di Amerika Serikat. Mungkin dengan semangat yang sama maka dibukalah tempat ini menjadi obyek wisata.

  • Candi Ijo
           Alamat: Dustin Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Foto Candi Ijo. (http://www.telusurindonesia.com/wp-content/uploads/2014/12/wisata-candi-ijo-2-1200x900)
Pernamaan sebuah candi dapat didasarkan pada 3 hal. Pertama, berdasar legenda yang dikenal masyarakat. Kedua, berdasarkan penyebutan yang ada di dalam prasasti. Ketiga adalah berdasar lokasi candi itu berada. Demikian halnya penamaan Candi Ijo. Kompleks percandian bercorak Hindu ini dinamakan sesuai dengan lokasinya yakni berada di lereng bukti padas yang bernama Gunung Ijo yang memiliki ketinggian 427 dpl. Secara adaministrasi situs ini berada di Desa Groyokan, kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Secara keseluruhan, kompleks candi merupakan teras-teras berundak, dengan bagian terbawah di sisi barat dan bagian tertinggi berada pada sisi timur, mengikuti kontur bukit. Kompleks percandian utama berada pada ujung timur. Di bagian barat terdapat reruntuhan bangunan candi yang masih dalam proses ekskavasi dan belum dipugar[1]. Setelah disela oleh kebun kecil, terdapat teras yang lebih tinggi dengan cukup banyak reruntuhan yang diperkirakan berasal dari sekumpulan candi-candi pemujaan kecil (candi perwara). Salah satu candi ini telah dipugar pada tahun 2013. Kompleks percandian utama terletak di bagian timur menempati teras tertinggi. Di bagian ini ada candi induk (satu telah dipugar), candi pengapit, dan candi perwara. Candi induk yang sudah selesai dipugar menghadap ke barat. Di hadapannya berjajar tiga candi yang lebih yang lebih kecil ukurannya yang diduga dibangun untuk memuja Trimurti: Brahma, Wisnu, dan Syiwa. Ketiga candi perwara ini menghadap ke arah candi utama, yaitu menghadap ke timur. Ketiga candi kecil ini memiliki ruangan di dalamnya dan terdapat jendela kerawangan berbentuk belah ketupat di dindingnya. Atap candi perwara ini terdiri atas tiga tingkatan yang dimahkotai barisan ratna. Candi perwara yang berada di tengah melindungi arca lembu Nandini, kendaraan Dewa Syiwa.

Sama dengan Candi Barong, Candi Ijo menjadi satu tempat wisata. Pemandangan Candi Ijo sangat indah dan dapat melihat kota Yogyakarta. Kebanyakan turis-turis betfoto-foto di sini.

  • Rumah Dome/Teletubis
           Alamat: Sleman, New Nglepen, Sengir Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Foto Rumah Dome. (Embun)
Foto Teletubis. (Embun)
Rumah Teletubbies adalah rumah berbentuk setengah lingkaran yang dibangun untuk korban bencana gempa bumi di Yogyakarta pada tahun 2006. Komplek perumahan Teletubbies ini berada di Desa Nglepen, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Rumah Teletubbies sebenarnya adalah rumah biasa yang digunakan sebagai tempat tinggal, disebut rumah Teletubbies karena bentuknya yang mirip dengan rumah pada kartun Teletubbies di televisi. Rumah Teletubbies juga disebut dengan rumah dum karena bentuknya seperti dum atau tenda setengah lingkaran. Rumah Teletubbies memiliki fungsi utama sebagai tempat tinggal seperti rumah pada umumnya, tetapi sejak berdiri rumah tersebut sudah dikondisikan menjadi desa wisata. Desa dengan rumah Teletubbies tersebut dijadikan sebagai desa wisata karena bentuk rumahnya yang unik. Rumah dengan bentuk seperti kubah dirancang supaya tahan terhadap guncangan gempa bumi.

Tahun 2006, Yogyakarta diguncang gempa dengan kekuatan 5 skala richter lebih. Gempa ini mengakibatkan hampir semua rumah warga di Desa Ngelepen rubuh dan tidak bisa ditempati lagi. Oleh karena itu, para penduduk desa Nglepen dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Lembaga Masyarakat Non-Pemerintah dan Domes for The World Foundation memberikan bantuan berupa rumah kepada penduduk Ngelepen pada bulan September 2006. Donatur tunggal dari pembuatan rumah tersebut adalah Ali Alabar. Ali Alabar adalah seorang pemilik Emaar Property Dubai. Rumah Teletubbies di Yogyakarta ini diresmikan oleh Menteri Pemukiman Hidup, Prof. Dr. Alwi Sihab. Acara peresmian dan penyerahan rumah Teletubbies dilakukan pada tanggal 29 April 2007. Perkampungan baru ini kemudian diberi nama New Ngelepen. Rumah Teletubbies yang ada di Prambanan ini ialah satu-satunya kompleks rumah Dome yang ada di Indonesia dan juga di Asia.


Foto kelas GDUFS di kabupaten Dome. (Devandra)

Kalau Anda Tertarik pada laporan tersebut, silakan membaca 
paket wisata kami sebagai berikut.

One Day Tour Kawasan Prambanan, Yogyakarta

Jadwal One Day Tour Kawasan Prambanan
  • 07.00-07.30  Jemput dari meeting point (UNY)
  • 07.30-09.00  Perjalanan UNY-Candi Barong
  • 09.00-09.30  Tour ke Candi Barong
  • 09.30-09.45  Perjalanan Candi Barong-Tebing Breksi
  • 09.45-10.30  Tour ke Tebing Breksi
  • 10.30-10.45  Perjalanan Tebing Breksi-Candi Ijo
  • 10.45-12.30  Tour ke Candi Ijo, istirahat di Candi Ijo (Makan siang)
  • 12.30-13.00  Melanjutkan perjalanan wisata ke Rumah Dome/Teletubis
  • 13.00-14.00  Tour ke Rumah Dome/Teletubis
  • 14.00-14.10  Perjalanan ke tempat memandang Rumah Teletubis dari tinggi
  • 14.30-16.00  Perjalanan Desa Teletubis-UNY


Tujuan Wisata One Day Tour Yogyakarta
  1. Candi Barong
  2. Tebing Breksi
  3. Candi Ijo
  4. Rumah Dome/Teletubis
  5. Desa Teletubis


Fasilitas Paket
  • Kendaraan pribadi (Untuk jumlah peserta max.10 orang)
  • Sopir dan BBM
  • Pemandu wisata Yogyakarta
  • Makan
  • Tiket obyek wisata Yogyakarta sesuai dengan perjalanan


Harga Paket

  • Harga paket one day tour ke Yogyakarta: 200 ribu rupiah


评论

  1. saya suka sekali sama blog ini , karena di blog ini ada tulisan tentang tempat wisata yang saya belum pergi dan saya bisa ambil saran dari blog ini . Yang saya paling suka itu adalah tulisan di blog ini sudah termasuk harga paket dan fasilitas paket .kita bisa merencanakan kita harus membawa uang berapa .saya berharap lain kali bisa diupload vidio seperti ini lagi dan mungkin tentang tempat lain.

    回复删除

发表评论

此博客中的热门博文

Baju Tradisional Nusantara dan Tiongkok

Permainan Anak Khas Indonesia dan Tiongkok

Legenda Tanah Lot di Bali dan Fishing Girl di Zhuhai