Misteri Dieng

Di dataran tinggi Dieng, menyimpan seubah misteri, yaitu banyak anak-anak di sini berambut gimbal atau gembel. Anak-anak berambut gimbal dianggap sebagai anak-anak yang spesial. Ketika rambut gimbal tumbuh, anak-anak biasanya sakit panas. Sebelum sakit, rambut mereka normal. Rambut gembel sudah berada di masyarakat Dieng pada waktu lalu. Dokter pun tidak tahu kenapa berambut gembel. 
相关图片



Rambut gembel akan dipotong setiap tahun pada upacara pemotongan. Penduduk Dieng wajib melakukan sesuatu pada satu hari sebelum upacara, misalnya minta bantuan, berdoa dan lain-lain. Kalau hari itu tiba, anak-anak berambut gimbal akan didandani. Mereka mempersiapkan makanan dan barang-barang kepunyaan anak. Kemudian mereka diarah berkeliling kampung dengan kuda. Semua orang menyambut kehadiran mereka. Pemotongan rambut dilakukan di candi. Banyak penduduk mengikuti upacara itu. Rambut gembel tidak dibuang, melainkan dikumpul dan kembali ke alam. Setelah upacara, rambut anak-anak tumbuh normal sebagaimana yang terjadi pada generasi sebelumnya. Adapun anak-anak gembel lain menunggu upacara pemotongan rambut tahun berikutnya.  
“rambut gimbal dieng”的图片搜索结果
Upacara Pemotongan










Kalau mau mengeksplorasi misteri Dieng, ayo berwisita ke Dieng. Dataran Tinggi Dieng atau Dieng plateau merupakan sebuah kawasan pegunungan yang terdapat di Jawa Tengah. Kalau berangkat dari Jogya, naik bus dapat tiba di Dieng.  

Beberapa tempat wisata di Dieng yang ternarik adalah berikutnya:

1. Butik Sikunir Dieng

Foto Butik Sikunir. (Internet)


2. Telaga Warna Dieng

Foto Telaga Warna. (Internet)
    


3. Telaga Pengilon

Foto Telaga Pengilon. (Internet)


4. Telaga Verdada


Foto Telaga Verdada. (Internet)


5. Kawah Sikidang


Foto Kawah Sikidang. (Internet)


6. Pendakian Gunung Prau


Foto Gunung Prau. (Internet)


7. Candi Arjuna


Foto Candi Arjuna. (Internet)









评论

此博客中的热门博文

Baju Tradisional Nusantara dan Tiongkok

Permainan Anak Khas Indonesia dan Tiongkok

Legenda Tanah Lot di Bali dan Fishing Girl di Zhuhai